Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha yang Baik

Bagaimana sih cara membuat atau contoh proposal usaha yang baik namun simple dan cukup representative mewakili tawaran bisnis yang diajukan? Jika anda sedang mencari contoh bentuk proposal bisnis, silahkan baca artikel ini hingga tuntas.

contoh proposal usaha

Proposal usaha adalah salah satu hal yang sangat diperlukan jika anda ingin membuka suatu usaha dan ingin mengembangkannya hingga menjadi sangat besar. Proposal ini sangat penting bagi anda jika anda juga ingin membuka sistem penanaman saham atau modal di dalam usaha anda sehingga para calon penanam saham bisa lebih mengerti dan memahami seluk beluk dari perusahaan yang tengah anda kembangkan ini. Hal ini akan berdampak baik pada mengucurnya modal dari para penanam saham di perusahaan anda.

Contoh Struktur Proposal Usaha yang Baik

Di bawah ini adalah bagian-bagian penting dan contoh proposal usaha sederhana namun terstruktur dengan baik yang bisa anda manfaatkan untuk menawarkan usaha anda.

Pendahuluan

Dalam pendahuluan ada beberapa hal yang harus dijelaskan, yakni Latar Belakang Perusahaan, Visi dan Misi Perusahaan, Tujuan Pendirian Usaha dan Uraian singkat mengenai gambaran usaha yang sedang dijalankan.

Baca juga : Cara Mendapatkan Modal Usaha Kecil dari BUMN

Profil Perusaahan

Di bagian ini anda harus menjelaskan Jenis Usaha anda, Nama Perusahaan dan juga Lokasi Perusahaan secara lengkap, padat dan jelas.

Struktur Organisasi Perusahaan

Di bagian ini anda harus menjelaskan struktur organisasi di perusahaan anda, lengkapi dengan jabatan dan peran di perusahaan.

Produk Perusahaan

Di poin ini sudah jelas jika anda harus menjelaskan Jenis Produk anda, Proses Pembuatan Produk anda dan juga Keunggulan yang ada pada produk anda. Jelaskan dengan keterangan yang sejelas-jelasnya.

Target Pasar

Di sini anda harus menjelaskan bagaimana dan seperti apa target pasar yang anda sasar. Jelaskanlah Segmentasi Pasar dari produk anda dan juga Target Pemasaran produk anda.

Promosi dan Pemasaran

Di poin ini anda harus menjelaskan dengan sejelas-jelasnya tentang strategi promosi dan pemasaran yang akan anda lakukan untuk memasarkan produk-produk anda.

Laporan Keuangan

Di sini anda harus menjelaskan tentang Alokasi Dana dan juga Perhitungan Laba Perusahaan anda. Jelaskan secara detil karena hal ini yang akan diperhatikan oleh calon investor anda.

Penutup

Di sini anda cukup menuliskan kalimat sopan sebagai penutup proposal usaha anda.

Lampiran

Pada poin terakhir ini silakan lampirkan Biodata Pemilik Usaha dan juga Surat Perjanjian atau Surat Penting lainnnya. Tak jarang calon investor atau pihak ketiga yang anda tawarkan proposal ini akan langsung melihat ke lampiran hanya untuk melihat fakta tentang profil usaha anda.

Demikian bagian-bagian penbting dari isi proposal bisnis yang banyak digunakan para pebisnis untuk membangun, mengembangkan, dan menjalin kerja sama dengan calon investor. Semoga tulisan singkat tentang contoh proposal usaha, contoh proposal usaha yang baik dan simple ini bermanfaat untuk usaha anda.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.